PENINGKATAN DISIPLIN, KOMITMEN DAN TANGGUNG JAWAB GURU DAN STAF SEKOLAH MELALUI BUDAYA TEPAT WAKTU DI SDN 1 MUARA CIREBON

Penulis

  • Suciati Rahayu Widyastuti
  • Rosi Herawati
  • Lia Aliawati
  • Siti Ayu Nadiah
  • Muh Zaelani

DOI:

https://doi.org/10.52188/psnpm.v3i.683

Kata Kunci:

Budaya Menjadi Tepat Waktu, Disiplin, Komitmen, Tanggung Jawab

Abstrak

Tujuan dari Best Practice ini untuk mengetahui apakah budaya tepat waktu dapat meningkatkan disiplin, komitmen, dan tanggung jawab guru-guru dan staf sekolah. Best Practice melalui kegiatan ini tidah mudah untuk dilakukan karena harus banyak melakukan kontrol atas semua perlakuan individu di sekolah. Metode pemecahan masalah dilakukan melalui empat tahap kegiatan yaitu: (1) perencanaan program, (2) sosialisasi program, (3) pelaksanaan program, dan (4) evaluasi program. Berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan: bahwa pelaksanaan budaya tepat waktu dapat meningkatkan disiplin, komitmen, dan tanggung jawab yang dilakukan dengan pengawasan yang sangat intensif; kerja keras; tidak mengenal lelah.

Diterbitkan

2024-05-14

Cara Mengutip

Rahayu Widyastuti, S., Herawati, R., Aliawati, L., Ayu Nadiah, S., & Zaelani, M. (2024). PENINGKATAN DISIPLIN, KOMITMEN DAN TANGGUNG JAWAB GURU DAN STAF SEKOLAH MELALUI BUDAYA TEPAT WAKTU DI SDN 1 MUARA CIREBON. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 3, 340-348. https://doi.org/10.52188/psnpm.v3i.683