PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PRAKTIK PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 3 PURWAWINANGUN
DOI:
https://doi.org/10.52188/psnpm.v3i.638Kata Kunci:
Pembelajaran, Penerapan, Model Contextual Teaching and LearningAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman beberapa siswa yang kurang minat dalam pembelajaran matematika dengan alasan pembelajaran terlalu sulit untuk dipahami, sehingga pengetahuan siswa dalam mata pelajaran matematika dirasa kurang efektif. Adapun penelitian ini dilakukan dengan
tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SDN 3 Purwawinangun Kabupaten Cirebon. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui study kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi.
Informan dalam penelitian ini diantaranya siswa kelas 6, wali kelas 6 dan kepala sekolah. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning di mana siswa mampu mengikuti kegiatan pembelajaran yang lebih aktif tidak hanya terfokus pada guru dan hasil evaluasi penilain juga menunjukan peningkatan pemahaman materi oleh seluruh siswa. Analisa yang digunakan
menggunakan beberapa macam aspek yang dikaji menjadi parameter yang dianggap paling sesuai dengan masalah penelitian dan kerangka teori yang telah diuraikan sebelumnya. Peneliti menggunakan pengukuran penerapan model tersebut dan dijadikan sebagai pedoman dalam melaksanakan penelitian. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan ini menunjukan bahwa penerepan model pembelajaran Contextual Teaching
and Learning bisa diterapkan dan dikembangkan agar proses pembelajaran lebih efektif dan efesien.