UPAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 3 SDN I PURWAWINANGUN KECAMATAN SURANENGGALA KABUPATEN CIREBON
DOI:
https://doi.org/10.52188/psnpm.v3i.633Kata Kunci:
Guru, Siswa, Motivasi BelajarAbstrak
Guru sangat berperan penting dalam sebuah proses pembelajaran di sekolah, karena guru merupakan salah satu komponen penting dalam suatu pembelajaran, guru sebagai pembimbing sekaligus pendidik dan motivator yang sangat berperan dalam kemajuan pendidikan, dalam sebuah proses pembelajaran, seorang guru harus mampu merancang sebuah teknik pembelajaran yang dapat membuat suasana kelas menjadi menyenangkan, sehingga dapat menumbuhkan semangat dan minat belajar siswa agar suasana kelas berjalan tidak membosankan. Tidak jarang kita melihat pembelajaran di sekolah yang berjalan kurang kondusif, banyak siswa yang tidak memperhatikan gurunya, izin ke toilet saat jam pelajaran, ada juga yang sampai tidur pada saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja upaya yang dapat dilakukan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 3 SDN I Purwawinangun dan mengetahui strategi apa saja yang dapat di terapkan dalam proses pembelajaran di kelas 3 SDN I Purwawinangun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif, dengan instrumen wawancara dan observasi, subyek yang dipilih yaitu guru kelas 3 SDN I Purwawinangun itu sendiri. Hasil penelitian menunjukan strategi dalam mengajar sangat penting agar bisa menumbuhkan motivasi belajar
siswa, adapun strategi dalam mengajar yaitu menggunakan metode yang seru dan dapat membuat siswa semangat belajar dengan memberikan hadiah kecil seperti pujian atau penilaian.