Implementasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas II Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.52188/jeas.v5i2.845Kata Kunci:
Kemampuan pemahaman matematis, Contextual Teaching and Learning, Aktivitas SiswaAbstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan pemahaman matematis siswa yang masih rendah. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), mengetahui peningkatan pada setiap indikator kemampuan pemahaman matematis, dan signifikansi kemampuan pemahaman matematis serta ketuntasan belajar siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian menggunakan metode kuantitatif. Partisipan penelitian ini sebanyak 30 siswa kelas II Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di salah satu SD Negeri di Kabupaten Cirebon. Data penelitian kemampuan pemahaman matematis dikumpulkan menggunakan instrumen tes, sedangkan data aktivitas siswa dikumpulkan menggunakan lembar observasi. Data dianalisis secara kuantitatif untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) mengalami peningkatan pada setiap pertemuan dengan rata-rata persentase sebesar 81%, terdapat peningkatan pada setiap indikator kemampuan pemahaman matematis, yaitu indikator 1 sebesar 0,67 termasuk kategori sedang, indikator 2 sebesar 0,74 termasuk kategori tinggi, dan indikator 3 sebesar 0,79 termasuk kategori tinggi. Terdapat signifikansi kemampuan pemahaman matematis siswa dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), serta ketuntasan belajar siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 85,6%.
Referensi
Anggriani, A., & Septian, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kebiasaan Berpikir Siswa Melalui Model Pembelajaran Improve. IndoMath:Indonesia Mathematics Education, 2(2), 105. https://doi.org/10.30738/indomath.v2i2.4550
Afrilianto. (2012). “Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Metaphorial Thinking, ”Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Vol. 01 No 2, 196
Al Tabany, T. I. B., & Trianto, B. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta: Kencana.
Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Erniwati. (2015). Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Sejarah Siswa Melalui Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Snowball Throwing Di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Pasaman. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1 (1): 1-12
Hamalik, O. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Herdian. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Indrajaya, U. (2011). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas melalui Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Maple. Tesis PPS UPI. Bandung: Tidak Diterbitkan.
Jihad, A. & Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jogjakarta: Multi Presindo.
Pamungkas, Y., & Afriansyah, E. A. (2017). Aptitude Treatment Interaction Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(1), 122– 130. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i1.1445
Putra, H. D., Setiawan, H., Nurdianti, D., Retta, I., & Desi, A. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Di Bandung Barat. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2981
Putri, P.O., Febriana, R., & Malini, Hema. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Mind Mapping Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Wacana Akademika : Majalah Ilmu Kependidikan, Volume 8 Nomor 1, pp 142-150.
Riswandi, M. I., & Rukli. (2023). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa SD menggunakan soal adaptasi TIMSS materi pecahan. Jurnal Didactical Mathematics, 5(2), 393–403. http://ejournal.unma.ac.id/index.php/dm
Sears, S. (2003). Introduction to Contextual Teaching and Learning. Bloomington Indiana: The Phi Delta Kappa Educational Foundation.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV Alfabeta
Sugriani, A. (2019). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan Pecahan Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Didactical Mathematics, 21– 28. http://dx.doi.org/10.31949/dmj.v1i2.1294
Sofian. (2011). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual. Tesis Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: Tidak Diterbitkan.
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Wulan, P., Davita, C., Nindiasari, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika Volume 2 Nomor 2 Tahun 2020, 2(2) http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v2i2.8892