PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA DALAM PELAKSANAAN ULANGAN HARIAN DI SDN 1 DUKUH TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.52188/psnpm.v3i.689Kata Kunci:
Quizizz, Motivasi Siswa, Teknologi DigitalAbstrak
Perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan signifikan dalam pendidikan. Aplikasi pembelajaran digital adalah salah satu inovasi yang dapat memotivasi siswa dalam proses pengajaran dan pembelajaran. Artikel ini akan menguraikan bagaimana penggunaan Quizizz dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terutama dalam pelaksanaan ulangan harian berbasis teknologi digital. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus tahun 2023 sebanyak 3 kali pertemuan. Jumlah sampel yaitu 41 siswa kelas 5 SDN 1 Dukuh Tengah yang ditentukan menggunakan skala likert dan eksperimen penggunaan aplikasi quizizz. Data dianalisis menggunakan perhitungan mean. Berdasarkan hasil data dan pengujian hipotesis menunjukan hasil bahwa, melakukan ulangan harian menggunakan aplikasi quizizz membuat motivasi belajar siswa lebih meningkat, hal ini terlihat dari presentasi hasil data yang dikumpulkan yaitu mulanya hanya 61,68% murid yang tertarik menggunakan aplikasi Quizizz untuk ulangan harian berubah menjadi 66,82%. Seluruh stakeholder yang terlibat dalam proses pendidikan harus ikut serta menunjang terjadinya pembelajaran berbasis teknologi digital agar terjadi kesinambungan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga tercipta generasi bangsa yang lebih baik lagi.