PELAKSANAAN SIMULASI ANBK PADA PESERTA DIDIK DI SDN 1 KERTASURA

Penulis

  • Indah Merakati
  • Sinta Nadiasari
  • Rojana Rojana
  • Dewi Eli Nuryani
  • Inge Lidiya Adlinvia

DOI:

https://doi.org/10.52188/psnpm.v3i.679

Kata Kunci:

Pelaksanaan simulasi, (ANBK), Peserta didik

Abstrak

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan program yang dirancang untuk menilai mutu tiap satuan Pendidikan seperti Sekolah, madrasah atau kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas pendampingan simulasi ANBK pada peserta didik kelas 5 di SDN 1 Kertasura. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif, di mana peserta didik terlibat aktif dalam proses simulasi. Pelaksanaan ANBK terbagi menjadi tiga tahapan, tahapan Pra ANBK, tahapan pelaksanaan ANBK dan tahapan pasca ANBK. Tahap pra ANBK meliputi kegiatan sosialisasi, pengelolaan personalia, pengelolaan peserta, pengelolaan sarana dan prasarana. Pelaksanaan ANBK pada siswa kelas 5 di SDN 1 Kertasaura
secara keseluruhan telah sesuai dengan prosedur yang ditetapkan dan berjalan lancar tanpa adanya kendala yang berarti karena SDN 1 Kertasura memiliki tim personalia yang mumpuni, sarana dan prasarana yang terfasilitasi serta melakukan pembinaan peserta dengan sangat baik, terkecuali system server pusat yang mengalami gangguan dihari kedua pelaksanaan. penelitian menunjukkan bahwa pendampingan simulasi ANBK secara signifikan meningkatkan pemahaman peserta didik tentang tata cara mengerjakan soal ANBK dan mengurangi tingkat kecemasan mereka. Selain itu, peserta didik juga menunjukkan peningkatan keterampilan teknologi informatika melalui penggunaan simulasi. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi guru dan sekolah untuk mengimplementasikan pendampingan simulasi ANBK sebagai bagian dari kurikulum kelas 5.

Diterbitkan

2024-05-14

Cara Mengutip

Merakati, I., Nadiasari, S., Rojana, R., Eli Nuryani, D., & Lidiya Adlinvia, I. (2024). PELAKSANAAN SIMULASI ANBK PADA PESERTA DIDIK DI SDN 1 KERTASURA. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 3, 328-339. https://doi.org/10.52188/psnpm.v3i.679

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama