PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA KELAS III SDN 1 TEGALMULYA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER

Penulis

  • Muhammad Masrur Jaelani
  • Moch Hasyim Sumantri
  • Nurul Khotimah
  • M. Rudi Herdianto

DOI:

https://doi.org/10.52188/psnpm.v3i.648

Kata Kunci:

Pengembangan, Kreativitas, Ekstrakulikuler

Abstrak

Siswa tidak memiliki kesempatan untuk mengembangkan kreativitasnya di lingkungan sekolah jika kurikulumnya terlalu luas dan hanya menyelesaikan satu masalah saja yang penting. Oleh karena itu, siswa harus diberi kesempatan dan stimulasi untuk mengembangkan kreativitas dan potensi lainnya. Dalam praktiknya, ada banyak program pendidikan alternatif yang berbeda untuk siswa berbakat, mulai dari program yang ditawarkan di luar jam pelajaran atau selama liburan hingga program yang ditawarkan di kelas atau di sekolah reguler. Melalui pengamatan langsung di lapangan untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya terjadi mengenai kegiatan ekstrakurikuler di kelas III SDN 1 Tegalmulya telah dilakukan oleh peneliti. memungkinkan peneliti untuk mengamati secara langsung gejala-gejalanya, seperti bagaimana guru dan siswa di kelas III SDN 1 Tegalmulya melakukan kegiatan ekstrakurikuler. Mencermati tata cara mengikuti kegiatan ekstrakurikuler keagamaan sudah menjadi kegiatan rutin yang sudah berjalan dengan baik karena siswa memulai kegiatan ekstrakurikuler dengan berdoa terlebih dahulu. setiap siswa untuk berhasil dalam belajar dimiliki oleh semua lembaga pendidikan, baik formal maupun non-formal. Hasil yang didapat melalui ekstrakurikuler adalah peserta didik dapat merasakan senangnya belajar mengenai hal baru dan kreativitas dari peserta didik menjadi terolah.

Diterbitkan

2024-05-14

Cara Mengutip

Masrur Jaelani, M., Hasyim Sumantri, M., Khotimah, N., & Rudi Herdianto, M. (2024). PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA KELAS III SDN 1 TEGALMULYA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 3, 416-422. https://doi.org/10.52188/psnpm.v3i.648