MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI KARYA SENI RUPA MENGGAMBAR IMAJINATIF DI SDN 1 KAPETAKAN
DOI:
https://doi.org/10.52188/psnpm.v3i.670Kata Kunci:
Kreativitas, Menggambar, ImajinatifAbstrak
Penelitian ini mengkaji terkait proses pengembangan kreativitas menggambar pada siswa sekolah dasar. Kegiatan menggambar merupakan kegiatan awal dari siswa dalam berkarya seni rupa. Berkarya seni rupa dengan materi membuat gambar imajinatif adalah satu bidang seni yang cocok untuk mengembangkan kemampuan kreativitas siswa. Menggambar imajinatif untuk usia anak Sekolah Dasar merupakan kegiatan yang dapat mengekspor daya imajinasi siswa tentang sesuatu yang kemudian dituangkan dalam sebuah sketsa atau gambar. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis kemampuan siswa dalam menggambar imaginatif serta bagaimana siswa dapat merangsang kreativitasnya dengan menuangkan ide idenya kedalam sebuah gambar. Dengan adanya kegiatan menggambar ini dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan fokus mereka. Untuk dapat mengembangkan bakat dan kreativitas siswa dalam berkarya seni rupa, tugas guru untuk mempersiapkan dan merancang pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran
yang inovatif, atau menerapkan metode pembelajaran yang lebih kreatif, dengan begitu maka tujuan pembelajaran dapat tercapai. Hasil capai pada penelitian ini, yaitu siswa dapat memanfaatkan imajinasinya lalu diterapkan dalam bentuk gambar.