EFEKTIVITAS APLIKASI E-LIBRARY TERHADAP LITERASI DIGITAL SISWA SEBAGAI MEDIA BELAJAR DI SDN 1 KARANGAMPEL
DOI:
https://doi.org/10.52188/psnpm.v3i.661Kata Kunci:
Efektivitas, Literasi Digital, Media PembelajaranAbstrak
Penelitian ini mengkaji efektivitas penggunaan aplikasi E-Library sebagai media pembelajaran berbasis mobile di SDN 1 Karangampel, Kabupaten Indramayu. Aplikasi ini dirancang untuk membantu siswa-siswi dalam mencari wawasan baru melalui membaca, meningkatkan aksesibilitas pembelajaran, dan memberikan beragam materi pembelajaran. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif adalah metode yang bertujuan untuk dapat mencerna fakta tentang subjek apa yang ada di dalam penelitian, contohnya perilaku, sikap, aktivitas, motivasi secara keseluruhan. Hasil pengukuran tersebut menunjukkan bahwa aplikasi ini memiliki manfaat signifikan, seperti peningkatan wawasan siswa dan kemampuan untuk mengakses materi di mana saja. Dalam penelitian ini pun ada beberapa kendala seperti masalah jaringan internet, kapasitas ponsel yang penuh, dan keterbatasan materi untuk kelas tertentu juga teridentifikasi. Upaya kerjasama dengan pihak dewan guru telah membantu mengatasi sebagian dari kendala tersebut.