Pembelajaran IPA Mengunakan Model ARCS (Attention, Relevance, Confidance, and Satisfaction) dengan Metode The Power of Two pada Siswa Kelas IV SDIT Al Akhyar Bae Kudus
DOI:
https://doi.org/10.52188/jpfs.v2i2.70Kata Kunci:
Model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and satisfaction), Metode The Power of Two, Pembelajaran IPA SDAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah efektivitas model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and satisfaction) dan metode The Power of Two dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar IPA siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Variabel penelitian terdiri dari 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and satisfaction) dan metode The Power of Two dan variabel terikat berupa prestasi belajar IPA siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDIT Al Akhyar yang berjumlah 63 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster sampling. Dipilih kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVC sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t dengan bantuan spss, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and satisfaction) dengan metode The Power of Two berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPA siswa.
Referensi
Ali, J., Rizal, Y., & Lukman, N. (2012). Strategi Pembelajaran Aktif The Power of Two dan Kemampuan Komunikasi Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).
Andaru, G. N., Sentosa, M. R. A., & Septian, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Vektor Kelas X MIPA MAN 1 Cirebon. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 2(1), 51–55.
Aryani, D., Yudana, I. M., & Natajaya, I. N. (2014). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Arcs Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas V Di SD N 1 Sumerta Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 5(1).
Aryawan, I. K. B. M., Lasmawan, I. W., & Yudana, I. M. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Di Gugus XIII Kecamatan Buleleng. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1).
Aunurrahman. (2009). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Budi, T. P. (2006). SPSS 13.0 Terapan: Riset statistik parametrik. Yogyakarta: Andi.
Chang, M.-M., & Lehman, J. D. (2002). Learning foreign language through an interactive multimedia program: An experimental study on the effects of the relevance component of the ARCS model. CALICO journal, 81–98.
Faizah, D. U. (2008). Keindahan Belajar Dalam Perspektif Pedagogi. Bandung: Cindy Grafika.
Fatimah, N., & Abdullah, A. A. (2012). Pengaruh strategi motivasi attention, relevance, confidance, satisfaction (arcs) dalam model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan listrik dinamis di kelas x sma negeri 18 surabaya. Inovasi Pendidikan Fisika, 2(2).
Feng, S.-L., & Tuan, H.-L. (2005). Using ARCS model to promote 11th graders’ motivation and achievement in learning about acids and bases. International Journal of Science and Mathematics Education, 3(3), 463–484.
Ibrahim, & Suparni. (2009). Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Penerbit Teras.
Keller, J. M. (1984). The use of the ARCS model of motivation in teacher training. Aspects of educational technology, 17, 140–145.
Keller, J. M. (1987). Development and use of the ARCS model of instructional design. Journal of instructional development, 10(3), 2.
Kusumah, M. I., Sutisna, S., & Septian, D. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Teaching) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Vektor Kelas X MIPA MAN 1 Cirebon. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 1(1), 33–39.
McClelland, D. C. (1965). Toward a theory of motive acquisition. American psychologist, 20(5), 321.
Nugraha, I. G. N. W., Lasmawan, I. W., & Tika, I. N. (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran Arcs (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Kovariabel Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran IPA. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1).
Nur, M. (2000). Strategi-strategi belajar. Surabaya: Unesa University Press.
Porter, L. W., Bigley, G. A., & Steers, R. M. (2003). Motivation and work behavior.
Riyani, R., Triwidjaja, H. A., & Sutama, I. W. (2011). Upaya meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Bandungrejosari I Kota Malang melalui model Attention Relevance Confidance Satisfaction (ARCS). Program Studi S1 PGSD Universitas Negeri Malang.
Sa’diah, S., Septian, D., & Kurniawan, G. E. (2019). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan High Order Thinking Skill Pada Materi Fluida Statis Kelas XI MAN 2 Kuningan. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 2(1), 30–36. Diambil dari https://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/17/11
Septian, D. (2011). Pengaruh Model LC 7E dalam Pembelajaran Fisika terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa MAN Rembang Tahun Ajaran 2010/2011 (Penelitian Quasi Eksperimen). UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Diambil dari https://goo.gl/raZUuZ
Septian, D. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Learning Cycle pada Materi Alat Optik Menggunakan Flash dalam Pembelajaran IPA SMP Kelas Viii. UNS (Sebelas Maret University). Diambil dari https://goo.gl/HjEsJx
Septian, D. (2018). Pembelajaran IPA dengan Learning Cycle Berbantuan Multimedia Interaktif ditinjau dari Pengetahuan Awal dan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 1(1), 1–13.
Septian, D. (2019). Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 2(1), 6–16.
Siberman, M. L. (2009). Active Learning. Bandung: Nusamedia.
Silberman, M. (1996). Active Learning: 101 Strategies To Teach Any Subject. ERIC.
Sumiati, E., Septian, D., & Faizah, F. (2018). Pengembangan modul fisika berbasis Scientific Approach untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 4(2), 75–88.
Wibowo, A. M., & Rodliyah, W. L. (2012). Peningkatan Minat Belajar IPS Sejarah dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran The Power of Two pada Siswa Kelas VII B MTS Negeri Kembangsawit Tahun Pelajaran 2010/2011. AGASTYA: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya, 2(1).
Widianingsih, E., Sentosa, M. R. A., & Faizah, F. (2018). Pengaruh Metode Demonstrasi Melalui Pendekatan Quantum Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Gerak Lurus Berubah Beraturan Kelas X SMA Negeri 1 Karangwareng Kabupaten Cirebon. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 1(1), 22–27.
Winaya, I. M. A., Lasmawan, I. W., & Dantes, N. (2013). Pengaruh model ARCS terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Chis Denpasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1).
Zulaiha, F. (2018). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Penggunaan Worksheet dan Problemsheet menggunakan Multi Modus Representasi. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 1(1), 28–32.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Copyright Transfer Agreement
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and Physics Education Programs of UNU Cirebon as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon and the Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.