Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan High Order Thinking Skill Pada Materi Fluida Statis Kelas XI MAN 2 Kuningan
DOI:
https://doi.org/10.52188/jpfs.v2i1.67Kata Kunci:
High Order Thinking Skill, Pengembangan modul pembelajaran berbasis Problem SolvingAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan modul berbasis model problem solving terhadap high order thinking skill pada siswa kelas XI IPA, (2) kelayakan produk berupa modul dalam meningkatkan high order thinking skill. Penelitian ini merupakan penelitian Researh and Development (R&D) yang mengacu pada model Four-D (4D). Data angket dianalisis secara deskriptif dengan persentase sedangkan data hasil high order thinking sklill dianalisis dengan uji wilcoxon menggunakan software IBM SPSS Statics 19. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan: (1) produk yang dihasilkan berupa modul pembelajaran fisika berbasis Problem Solving layak digunakan sebagai bahan ajar dengan nilai persentase 79,9%, (2) adanya pengaruh penggunaan modul pembelajaran fisika berbasis problem solving terhadap High Order Thinking Skill kelas XI IPA 3 MAN 2 Kuningan semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 dibuktikan dengan hasil uji wilcoxon memperoleh nilai sig 0,000 berada pada taraf signifikansi kurang dari 0,005 menunjukan ada perbedaan pada nilai posttest dan pretest dengan nilai posttest lebih besar dari nilai pretest.
Referensi
Basri, H. (2007). Kapita Selekta Pendidikan. Bandung: Personal Press. Hamalik, O. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara. Istiyono, E., Mardapi, D., & Suparno, S. (2014). Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika (Pys HOTS) Peserta Didik SMA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 18 (1), 1-12 Jonassen. D. (2003). Learning to Solve Porblems: an instructional Design Guide. SanFrancisco: Willey and Sons,Inc. Krathwohl, D.R. (2002). A Version of Bloom’s taxonomy: An overview Theory into practice, 41 (4), 142-155. Martin, M.O., Mullis, I.V.S., Foy, P., & Stanco, G.M. (2012). TIMSS 2011 International Results in Science. USA and Netherland. TIMSS & PIRLS International Study Center and IEA. Nasional, D. P. (2008). Panduan pengembangan bahan ajar. Jakarta: Depdiknas.
Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press. Priyatno. D. (2009). 5 Jam Belajar olah Data dengan SPSS 17. Yogyakarta: Andi. Septian, D., Cari, & Sarwanto. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Learning Cycle Pada Materi Alat Optik Menggunakan Flash dalam Pembelajaran IPA SMP Kelas VIII. Jurnal Inkuiri, 6 (1), 45-60. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Surif, J., Ibrahim, N.H., & Mokhtar, M. (2012). Conceptual and Procedural Knowledge in Problem Solving. International Conference on Teaching and Learning in Higher Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 56, 416-425. Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teacher of exceptional Children. Bloomington Indiana: Indiana University. Ulwan, M. N. (2015). Teknik Pengambilan Sampel dengan Metode Purposive Sampling. Artikel diakses pada tanggal 26. Wardhani, K. (2012). Pembelajaran Fisika dengan Model Problem Based Learning Menggunakan Multimedia dan Modul Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Abstrak dan Kemampuan Verbal Siswa. Jurnal Inkuiri, 2 (1), 163-169.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Copyright Transfer Agreement
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and Physics Education Programs of UNU Cirebon as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon and the Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.