Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Fluida Dinamis Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 1 Astanajapura
DOI:
https://doi.org/10.52188/jpfs.v2i1.65Kata Kunci:
Kemampuan Berpikir Kritis, Pengembangan modul pembelajaran berbasis Problem Based LearningAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pengembangan dan pengaruh modul fisika berbasis Problem Based Learning pada materi fluida dinamis dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 1 Astanajapura. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Sampel penelitian berjumlah 31 siswa SMA kelas XI. Sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian diperoleh: 1) modul yang dikembangkan layak berdasarkan 5 validator (ahli materi, bahasa, media, praktisi, dan teman sejawat) dengan kategori “sangat baik”, respon siswa (dari aspek daya tarik modul, tingkat pemahaman penggunaan modul, penggunaan Problem Based Learning, dan tingkat pemahaman penggunaan kemampuan berfikir kritis) dikategorikan “sangat baik”; 2) adanya pengaruh modul pembelajaran fisika pada kemampuan berfikir kritis siswa kelas XI MIA 1 SMAN 1 Astanajapura.
Referensi
Abdurrahim. (2011). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kompetensi Pada Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Madrasah Aliyah Kota Bima. Bandung : FMIPA UPI Borg&Gall. (2007). Research Development. Boston: Allyn & Bacon Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D-American Educational Reseach Association’s Devision D, Measurement and Reseach Methodology. Measurement and Reasearch Methodology. Mukminan. (2014). Tantangan Pendidikan di Abad 21. Makalah disajikan dan dibahas pada seminar nasional teknologi pendidikan 2014. “Peningkatan kualitas pembelajaran pendayagunaan teknologi pendidikan”. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan 2014. Diselenggarakan oleh Prodi Teknologi pendidikan program pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali pers. Sukmadinata S, (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sukmadinata, N. S. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Surata, I N., dkk. (2013). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas Pada Mata Pelajaran Fisika Berdasarkan Model Siklus Belajar dan Penalaran Formal. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan, 1 (3). Susilo, A. B (2012). Pengembangan model pembelajaran IPA Berbasis Masalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan berfikir kritis siswa SMP. JPE 1 (1). Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung : Pendidikan. Wardhani, K. (2012). pembelajaran Fisika Dengan Model Problem Based Learning Menggunakan Multimedia dan Modul ditinjau dari Kemampuan Berpikir Abstrak dan Kemampuan Verbal Siswa. Jurnal Inkuiri. 2 (1 ). 163-169.
Zulaiha. F. (2018). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Penggunaan Worksheet dan Problemsheet menggunakan Multi Modus Representasi. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 1 (1) 27-31
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Copyright Transfer Agreement
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and Physics Education Programs of UNU Cirebon as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon and the Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.