Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.52188/jpfs.v2i1.64Kata Kunci:
multimedia interaktif, learning cycle 7E, hasil belajar siswa, ilmu pengetahuan alamAbstrak
Multimedia interaktif berbasis learning cycle pada materi alat optik IPA di SMP perlu untuk diimplementasikan untuk mengurangi mis-interpretasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh multimedia interaktif berbasis learning cycle terhadap hasil belajar siswa; (2) penilaian siswa terhadap multimedia interaktif berbasis learning cycle. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas VIII D dan kelas VIII E. Kelas VIII E terpilih menjadi kelas eksperimen sedangkan kelas VIII D terpilih menjadi kelas kontrol. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu: (1) ada pengaruh multimedia interaktif berbasis learning cycle terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan nilai signifikansi 0,000; (2) kategori penilaian siswa terhadap multimedia interaktif pada komponen daya tarik, tingkat kesulitan, dan manfaat adalah sangat baik.
Referensi
Arikunto, S. (2010). Research Procedure A Practical Approach. Jakarta: PT Rineka Reserved.
Arsyad, A. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Azwar, S. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Budi, T. P. (2006). SPSS 13.0 Terapan: Riset statistik parametrik. Yogyakarta: Andi. Dewi, T. A. (2015). Implementasi Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Ekonomi di Sekolah. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(2). Eisenkraft, A. (2003). Expanding the 5E model. The Science Teacher -Washington-, 70(6), 56–59. Diambil dari https://goo.gl/wSEhfC Gunawan, G., Harjono, A., & Imran, I. (2016). Pengaruh Multimedia Interaktif dan Gaya Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Kalor Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 12(2), 118–125. Hanim, F., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Penginderaan Jauh Terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 752–757. Hidayatullah, M. F. (2009). Guru Sejati: Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas. Surakarta: Yuma Pustaka. Irfan, M. (2012). Pengembangan multimedia interaktif untuk pembelajaran mata kuliah konsep dasar IPA I. Publikasi Pendidikan, 2(1). Kocakaya, S., & Gonen, S. (2010). The effects of computer-assisted instruction designed according to 7E model of constructivist learning on physics student teachers’ achievement, concept learning, self-efficacy perceptions and attitudes. Turkish Online Journal of Distance Education, 11(3), 206–224.
Leow, F.-T., & Neo, M. (2014). Interactive Multimedia Learning: Innovating Classroom Education in a Malaysian University. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 13(2), 99–110. Lona, M. J. (2009). Pengaruh Penggunaan Multimedia dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Ngantang Kabupaten Malang pada Materi Keragaman Bentuk Muka Bumi, Proses Pembentukan, dan Dampaknya dalam Kehidupan. Universitas Negeri Malang. Miarso, Y. (2004). Menyemai benih teknologi pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media. Munadi, Y. (2008). Media Pembelajaran sebuah pendekatan baru. Jakarta: Gaung Persada Press. Nandi, N. (2016). Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Geografi di Persekolahan. Jurnal Geografi Gea, 6(2). Purwanto, M. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Radityan, F. T., Kuntadi, I., & Komaro, M. (2016). Pengaruh Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Perbaikan Differential. Journal of Mechaninal Engineering Education, 1(2), 239–245. Saputra, W., & Purnama, B. E. (2011). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mata Kuliah Organisasi Komputer. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 4(2). Septian, D. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Learning Cycle pada Materi Alat Optik Menggunakan Flash dalam Pembelajaran IPA SMP Kelas Viii. UNS (Sebelas Maret University). Diambil dari https://goo.gl/HjEsJx
Siribunnam, R., & Tayraukham, S. (2009). Effects of 7-E , KWL and Conventional Instruction on Analytical Thinking , Learning Achievement and Attitudes toward Chemistry Learning. Journal of Social Sciences, 5(4), 279–282. Situmorang, J. (2014). Pengembangan Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Internet Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan, 1(2), 191–200. Sornsakda, S., Suksringarm, P., & Singseewo, A. (2009). Effects of learning environmental education using the 7E-learning cycle with metacognitive techniques and the teacher’s handbook approaches on learning achievement, integrated science process skills and critical thinking of mathayomsuksa 5 students with different learning achievement. Pakistan Journal of Social Sciences, 6(5), 297–303. Sudijono, A. (2011). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2007). Teknologi Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Surya, M. (2004). Psikologi pembelajaran dan pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy. Suryosubroto, B. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. Sutarno, E., & Mukhidin, M. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pengukuran untuk Meningkatkan Hasil dan Kemandirian Belajar Siswa SMP di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21(3). Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana. Wahyuni, E. (2012). Pengaruh pemanfaatan multimedia dalam pembelajaran fisika terhadap pemerolehan belajar. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 7(1).
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Copyright Transfer Agreement
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and Physics Education Programs of UNU Cirebon as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon and the Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.