Pengembangan PDEODODE-Ws yang Berorientasi Mengubah Konsepsi Siswa pada Sistem Hidrolik

Penulis

  • Dewi Yulianawati Prodi Pendidikan Fisika Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Lilik Hasanah Prodi Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung, Indonesia
  • Achmad Samsudin Prodi Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52188/jpfs.v2i1.63

Kata Kunci:

Miskonsepsi, Conceptual Change, PDEODODE

Abstrak

Pembelajaran fisika harus memfasilitasi siswa untuk berperan secara aktif dan interaktif agar terciptanya suasana untuk mengubah konsepsi siswa, salah satunya dengan menggunakan lembar kerja siswa (worksheet) yang berbasis PDEODODE. Pendekatan faktual dan konseptual menjadi dasar dalam pengembangannya. PDEODODE merupakan modifikasi strategi pembelajaran yang tahapannya meliputi Predict, Discuss, Explain, Observe, Discuss, Observe, Discuss dan Explain. Tujuan pengembangan PDEODODE-Ws adalah memfasilitasi siswa untuk mengubah konsepsi mengenai konsep dalam sistem hidrolik. PDEODODE-Ws dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari beberapa langkah, yaitu: Analyzing, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan kepada 32 siswa kelas XI di salah satu SMA Negeri Kabupaten Kuningan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa PDEODODE-Ws dapat memfasilitasi siwa untuk memahami konsep fisika secara komprehensif dan memiliki potensi untuk mengungkap konsepsi siswa selama proses pembelajaran.

Diterbitkan

2019-05-06

Cara Mengutip

Yulianawati, D. ., Hasanah, L., & Samsudin, A. . (2019). Pengembangan PDEODODE-Ws yang Berorientasi Mengubah Konsepsi Siswa pada Sistem Hidrolik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 2(1), 1-5. https://doi.org/10.52188/jpfs.v2i1.63

Terbitan

Bagian

Articles