a Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Fisika Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 2 Ende Tahun Pelajaran 2021/2022
physics creative thinking ability profile
DOI:
https://doi.org/10.52188/jpfs.v7i1.606Kata Kunci:
kemampuan berpikir kreatif, berpikir kreatif, kreatif fisikaAbstrak
Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa-siswi kelas XI MIA di SMA Negeri 2 Ende tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 95 siswa, dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2 yang berjumlah 31 siswa yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Selanjutnya teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes yaitu angket. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keseluruhan dari kemampuan berpikir kreatif siswa dikategorikan cukup kreatif yakni sebesar (64,4%). Selain itu, terdapat 1 siswa yang berada pada kategori sangat kreatif yakni sebesar (3,2 %), 4 siswa dengan kategori kreatif yakni sebesar (12,9 %), 24 siswa dengan kategori cukup kreatif yakni sebesar (77 %), 2 siswa dengan kategori kurang kreatif yakni sebesar (6,5 %) dan tidak ada yang berkategori tidak kreatif dari 31 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas XI IPA 2, kemampuan berpikir kreatifnya cukup kreatif.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2024 Celin Bhoga, An Nisaa Al Mu'min Liu, Yasinta Embu Ika
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Transfer Agreement
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and Physics Education Programs of UNU Cirebon as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon and the Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.