Analisis Keterampilan Problem Solving Mahasiswa Jurusan Teknik Industri di Kota Bandung pada Materi Listrik Dinamis
DOI:
https://doi.org/10.52188/jpfs.v5i2.268Kata Kunci:
Fisika dasar, Listrik dinamis, problem solvingAbstrak
Problem solving dipilih sebagai tujuan utama pembelajaran di bidang sains dan teknik. Sebagai tujuan utama, problem solving dalam ilmu keteknikan menjadi gambaran keberhasilan dalam sains dan teknik yang dilakukan oleh setiap Negara. Di Indonesia, sudah diambil kebijakan untuk mendukung tujuan ini walaupun tidak dijelaskan secara gamblang. Untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran fisika di jurusan keteknikan di Kota Bandung, maka peneliti merasa perlu untuk menganalisis keterampilan problem solving di Kota Bandung sebelum memberikan solusi konkret atas permasalahan yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran keterampilan problem solving mahasiswa teknik di Kota Bandung. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan metode deskriptif (deskriptif-kuantitatif) yaitu penelitian yang gambarannya menggunakan ukuran, jumlah atau frekuensi. Penelitian dilakukan pada mahasiswa tingkat pertama di beberapa Universitas di kota Bandung, teknik pengambilan sample menggunakan cluster random sampling. Hasil penelitian diperoleheh rata-rata kriteria dari keseluruhan aspek problem solving, yaitu kriteria sangat rendah 21,5%, kriteria rendah 31,5%, kriteria cukup 23,67%, kriteria baik 15,83% dan kriteria sangat baik 7,5%.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2022 Tiara Nurhuda, Raden Kiki Abdul Muluk, Riza Rizkiah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Transfer Agreement
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and Physics Education Programs of UNU Cirebon as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon and the Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.