Penerapan Model Pembelajaran PDEODE (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Kelas X MIPA SMA Negeri 5 Kota Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.52188/jpfs.v4i2.146Kata Kunci:
PDEODE (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain, keterampilan berpikir kritis, aktivitas belajar siswa, respon siswa, pencemaran lingkunganAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengkaji penerapan strategi Active Learning tipe Everyone is A Teacher Here, (2) Mengkaji perbedaan hasil belajar biologi antar siswa, dan (3) Mengkaji respon siswa terhadap penerapan strategi Active Learning tipe Everyone is A Teacher Here. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pretest dan posttest, observasi, dan angket. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-8 (kelas eksperimen) dan kelas X-5 (kelas Kontrol) MAN Cirebon 1 dengan purposive sampling. Data hasil penelitian kemudian dianalisis melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas siswa meningkat setelah diterapkan strategi Active Learning tipe Everyone is A Teacher Here dengan menggunakan video animasi sebagian besar berada pada kategori baik dengan rata-rata persentasi pencapaian sebesar 30,54%, (2) Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar antara siswa yang menerapkan strategi Active Learning tipe Everyone is A Teacher Here dengan yang menerapkan ceramah, (3) Sikap siswa terhadap penerapan menerapkan strategi Active Learning tipe Everyone is A Teacher Here sebagian besar termasuk dalam kategori kuat dengan persentasi sebesar 75,90%. Siswa memberikan sikap yang baik terhadap penerapan strategi Active Learning tipe Everyone is A Teacher Here pada materi masalah lingkungan.
Referensi
Ainatur Rahmah, Ina Rosdiana L, Wahidin.2015. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pokok Bahasan Ekosistem Kelas X Di Sma Negeri 1 Krangkeng. Scientiae Educatia Vol 4 Edisi 1. Diunduh dari http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/viewFile/480/409.
Costu, Bayram. 2008. Learning Science Through the PDEODE Teaching Strategy: Helping Students Make Sense of Everyday Situations. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education. 4 (1)
Depdiknas. 2006. Slide Tujuan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Pusat Kurikulum
Dipalaya, Tismi., and Aloysius Duran Corebima. 2016.The effect of PDEODE (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain) Learning Strategy in Different Academic Abilities on Student Critical Thinking Skills in Senior High School. European Journal of Education Studies. 2 (5)
Fisher, Alec. 2009. Berpikir kritis sebuah pengantar (alih bahasa Benyamin hadinata). Jakarta: Erlangga
Joyce, B. and Jacobsen, D. A. 2009. Method For Teaching: Metode-Metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK-SMA. Terjemahan: Achmad Fawaid dan Khoirul Anam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kartono, Hairida, G. Bujang. 2010. Penelusuran Budaya Dan Teknologi Lokal Dalam Rangka Rekonstruksi Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran IPA Terpadu SMP, Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015) 8 dan 9 Juni 2015. Bandung, Indonesia, hlm.505-508.
Mundirotun, Hanik. 2013. Keefektifan Strategi Pembelajaran Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain (Pdeode) Untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Pada Pemahaman Konsep Materi Buffer Dan Hidrolisis Kelas Xi Sman 1 Kayen Pati. Dalam Jurnal Penelitian UNNES Semarang, Indonesia
M. Yusuf Hidayat, Ina Rosdiana. L, Djohar Maknun. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Core (Connecting, Organizing, Reflecting, Dan Extending) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Ekosistem Di Kelas X Sman 1 Ciwaringin. Scientiae Educatia Vol 3 No 2.Diunduhdarihttp://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/view/544/479
Mukhayyarah. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran PDEODE (Predict- Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain) Terhadap Hasil Belajar Siswa Biologi Siswa Pada Konsep Sistem Pernapasan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Naela Husna Nafila, Nurul Azmi, Novianti Muspiroh. 2016. Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Iman Dan Taqwa (Imtaq) Pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Ciwaringin. Scientiae Educatia: Jurnal Sains dan Pendidikan Sains Vol. 5 (2016) No. 2: 136-143. Diunduh dari http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/view/960/863
Nasrullah. 2017. Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Pada Konsep Sistem Eksresi Di MAN 3 Cirebon. Skripsi IAIN Syekh Nurjati Cirebon: Tidak Diterbitkan
Noviani, N. K. A. 2010. Implementasi Model Pembelajaran PDEODE (Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain) untuk Meningkatkan Kinerja Ilmiah dan Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas VIIIC SMP Negeri 3 Singaraja Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi: Universitas Pendidikan Ganesha.
Ratnasari, Endang, Djohar Maknun. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Untuk Meningkatkan Sikap Peduli Terhadap Lingkungan Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di Kelas Vii Smp Negeri 3 Sumber. Scientiae Educatia Vol 5 No 2. Diunduh dari http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/view/486/419
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Shintawati Sofiatin, Nurul Azmi, Evi Roviati.2016. Penerapan bahan ajar biologi berbasis kontekstual untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah (studi eksperimen kelas x mipa di sman 1 plumbon). Scientiae Educatia Vol. 5 (2016) No. 1: 15-24. Diunduh dari http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/viewfile/480/409.
Soniyani, N. L. P. 2009. Pengaruh PDEODE Terhadap Perubahan Miskonsepsi Dalam Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bangli Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi: Universitas Pendidikan Ganesha
Sukmadinata. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda Karya
Suyanto, S. 2012. Keefektifan Penggunaan Model Predict Observe And Explain Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa. Unnes Physic Education Journal 1 (1)
Qulud, Wahidin, Yuyun Maryuningsih. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Konsep Sistem Reproduksi Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Arjawinangun. Scientiae Educatia Vol 4 Edisi 1. Diunduh dari http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/view/268/415
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Copyright Transfer Agreement
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and Physics Education Programs of UNU Cirebon as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon and the Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.