Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mencari Pasangan (Make A Match) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Benda dan Sifatnya Kelas V SD Negeri 1 Weru Kidul Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.52188/jpfs.v3i1.79Keywords:
hasil belajar, mencari pasangan, make a matchAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa dan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe mencari pasangan (make a match) terhadap hasil belajar siswa pembelajaran IPA pokok bahasan benda dan sifatnya kelas V SD Negeri 1 Weru Kidul Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pretest–posttest control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Weru Kidul. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel penelitian adalah kelas VA (kelas eksperimen) berjumlah 20 siswa dan kelas VB (kelas control) sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan uji regresi dan uji t. Hasil penelitian didapatkan bahwa (1) 83% peserta didik memiliki respon positif dan 17% memiliki respon negatif, maka nilai respon dikategorikan Sangat Kuat, (2) ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran mencari pasangan (make a match) terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Weru Kidul Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon sebesar 69,3%.
References
Ahmadi, A. dan Supatmo. (2004). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.
Anggraeni, I., Faizah, F., & Septian, D. (2019). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Fluida Dinamis. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 2(2), 86–96.
Ismail, I. L. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII A SMP Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Negeri 1 Rantepao. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, volume 1 n(2), 89–103.
Kusumah, M. I., Sutisna, S., & Septian, D. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Teaching) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Vektor Kelas X MIPA MAN 1 Cirebon. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 1(1), 33–39.
Parwati, N. W. J., Sudarma, I. K., & Parmit, D. P. i. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Berbantuan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7346
Putri, K.A. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mencari Pasangan (Make a Match) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi di Kelas XI SMA Negeri 1 Stabat. Skripsi. Universitas Negeri Medan.
Sa’diah, Septian, D., & Kurniawan, G. E. (2019). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan High Order Thinking Skill Pada Materi Fluida Statis Kelas XI MAN 2 Kuningan. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 2(1), 30–36.
Septian, D. (2011). Pengaruh Model LC 7E dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa MAN Rembang Tahun Ajaran 2010/2011 (Penelitian Quasi Eksperimen). UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Sumiati, E., Septian, D., & Faizah, F. (2018). Pengembangan modul fisika berbasis Scientific Approach untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 4(2), 75–88.
Tanjung, A.N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mencari Pasangan (Make a Match) Terhadap Kemampuan Menulis Pantun oleh Siswa Kelas VII MTS Al-Washliyah Sei. Kepayang Pekan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Negeri Medan.
Tiballa, M. D. S., Sudana, D. N., & Gading, I. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make AMatch Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–10.
Trianto. (2015). Konsep Dasar IPA untuk PGSD/PGMI. Bandung: Mujahid Press
Wahyuni, S., & Harjono, N. (2017). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Gambar. E-Jurnalmitrapendidikan, 1(2), 83–94.
Widodo, Ari, dkk (2007). Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press
Published
Versions
- 2020-03-31 (2)
- 2020-03-31 (1)
How to Cite
Issue
Section
Copyright Transfer Agreement
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and Physics Education Programs of UNU Cirebon as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon and the Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.