Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Alat Pencernaan Manusia Pada Siswa Kelas V di SDN 2 Suranenggala Lor Kec. Suranenggala Kab. Cirebon Tahun Ajaran 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.52188/jpfs.v3i1.77Keywords:
Model pembelajaran kooperatif, metode Jigsaw, hasil belajar siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana respon dan hasil belajar siswa kelas V terhadap mata pelajaran IPA materi alat pencernaan manusia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan populasi penelitian yaitu seluruh kelas V SDN 2 Suranenggala Lor T.A. 2017/2018. Dengan teknik sampel jenuh, diperoleh sampel penelitian kelas kontrol (VA) dan kelas eksperimen (VB). Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk pilihan ganda yang telah dilakukan uji validasi instrumen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran IPA materi alat pencernaan manusia sangat kuat serta ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa
References
Anggraeni, I., Faizah, F., & Septian, D. (2019). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Fluida Dinamis. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 2(2), 86–96.
Arini, D. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Ii Terhadap Kecerdasan Emosi Siswa Kelas V Sd. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(Edisi 14 September 2015), 89–98.
Herawati, L., & Irwandi, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 09 Lebong. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Entrepreneunship Vi, 1–9.
Huda, M., & Arief, A. (2013). Pengaruh Multiple Intelligences Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis Kelas X Di SMAN 1 Porong. Inovasi Pendidikan Fisika, 2(3), 34–37.
Kasih, B. S., Nyeneng, I. D. P., & Distrik, I. W. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Jigsaw dalam Pembelajaran IPA Fisika Pada Siswa SMP Negeri 28 Bandar Lampung. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika), 190–203.
Kusumah, M. I., Sutisna, S., & Septian, D. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Teaching) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Vektor Kelas X MIPA MAN 1 Cirebon. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 1(1), 33–39.
Masitoh. (2009). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia
Putra, I. B. P. A., Pujani, N. M., & Juniartina, P. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. 1, 80–90.
Rachmah, D. N. (2017). Effects of Jigsaw Learning Method on Students’ Self-Efficacy and Motivation to Learn. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 6(3), 1. https://doi.org/10.12928/jehcp.v6i3.8314
Riduwan, D. R. (2009). Metode dan teknik menyusun proposal penelitian. In Bandung: Alfabeta.
Sa’diah, Septian, D., & Kurniawan, G. E. (2019). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan High Order Thinking Skill Pada Materi Fluida Statis Kelas XI MAN 2 Kuningan. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 2(1), 30–36.
Septian, D. (2011). Pengaruh Model LC 7E dalam Pembelajaran Fisika terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa MAN Rembang Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi Tidak Dipublikasikan. FST Pendidikan Fisika UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.
Septian, D. (2019). Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 2(1), 6–16.
Septian, D., Cari, & Sarwanto. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Learning Cycle pada Materi Alat Optik Menggunakan Flash dalam Pembelajaran Ipa Smp Kelas Viii. 6(1), 45–60.
Septian, D., & Farid, I. F. (2019). Pembelajaran IPA Mengunakan Model ARCS (Attention, Relevance, Confidance, and Satisfaction) dengan Metode The Power of Two pada Siswa Kelas IV SDIT Al Akhyar Bae Kudus. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 2(2), 56–64.
Slameto, B. (2010). Faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumiati, E., Septian, D., & Faizah, F. (2018). Pengembangan modul fisika berbasis Scientific Approach untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 4(2), 75–88.
Surayya, L., Subagia, I.W., & Tika, I.N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadao Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4.
Zulaiha, F., Sinaga, P., & Rusli, A. (2019). Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Berbantuan Worksheet dan Problemsheets Menggunakan Multi Modus Representasi. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 2(2), 65–71.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright Transfer Agreement
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and Physics Education Programs of UNU Cirebon as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon and the Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.