PENGARUH METODE DEMONSTRASI MELALUI PENDEKATAN QUANTUM LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN KELAS X SMA NEGERI 1 KARANGWARENG KABUPATEN CIREBON

Authors

  • Estu Widianingsih Prodi Pendidikan Fisika Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Mohamad Rendi Astono Sentosa Prodi Pendidikan Fisika Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Faizah Prodi Pendidikan Fisika Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/jpfs.v1i1.60

Keywords:

metode demonstrasi, pendekatan quantum learning, prestasi belajar, lurus berubah beraturan

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu : 1) mengetahui analisis prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran fisika menggunakan metode demonstrasi melalui pendekatan quantum learning, 2) mengetahui pengaruh metode demonstrasi melalui pendekatan quantum learning terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Karangwareng kabupaten Cirebon tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian berjumlah satu kelas yang diambil menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 43 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experiment. Data empiris didapatkan melalui studi di lapangan dengan menggunakan teknik tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu : 1) uji instrumen antara lain: validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda, 2) uji prasyarat antara lain : normalitas, homogenitas, dan 3) uji hipotesis. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu: 1) analisis prestasi belajar siswa sesudah mengikuti pembelajaran fisika lebih besar dibandingkan sebelum mengikuti pembelajaran fisika menggunakan metode demonstrasi melalui pendekatan quantum learning, 2) pengaruh metode demonstrasi melalui pendekatan quantum learning dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Karangwareng Kabupaten Cirebon dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai t-hitung= 16,297 dan nilai t-tabel= 1,68 (t-hitung>t-tabel) artinya metode demonstrasi melalui pendekatan quantum learning berpengaruh terhadap pokok bahasan gerak lurus berubah beraturan mata pelajaran fisika kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Karangwareng

References

DePorter, B., & Hernacki, M. (2002). Quantum learning membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Ekeyi, D. N. (2013). Effect of demonstration method of teaching on students’ achievement in agricultural science. World Journal of Education, 3(6), 1.

Karlina, D. A. (2015). Pembelajaran Fisika Menggunakan Metode Demonstrasi Dengan Pendekatan Quantum Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep. Universitas Negeri Semarang. Diambil dari https://goo.gl/5zBPBy

Kemdikbud. (2012). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud.

Septian, D. (2011). Pengaruh Model LC 7E dalam Pembelajaran Fisika terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa MAN Rembang Tahun Ajaran 2010/2011 (Penelitian Quasi Eksperimen). UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Diambil dari https://goo.gl/raZUuZ

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Supriyono, K. H. (2003). Strategi Pembelajaran Fisika (Revisi). Malang: JICA.

Susiani, K., Dantes, N., & Tika, N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Terhadap Kecerdasan Sosio-Emosional Dan Prestasi Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Di Banyuning. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1).

Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA: Disesuaikan dengan Pembelajaran Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Published

2018-09-12

How to Cite

Widianingsih, E., Sentosa, M. R. A., & Faizah. (2018). PENGARUH METODE DEMONSTRASI MELALUI PENDEKATAN QUANTUM LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN KELAS X SMA NEGERI 1 KARANGWARENG KABUPATEN CIREBON. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 1(1), 22-27. https://doi.org/10.52188/jpfs.v1i1.60

Issue

Section

Articles