Analisis Keterbacaan Buku Teks Fisika SMK Kelas X
DOI:
https://doi.org/10.52188/jpfs.v1i1.59Keywords:
Keterbacaan, Buku Teks FisikaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keterbacaan buku teks fisika SMA kelas X pada materi Suhu dan Kalor. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan bentuk penelitian menggunakan analisis isi dengan menelaah buku pelajaran fisika SMK kelas X. Objek yang dipilih yang dipilih dalam penelitian ini adalah buku teks fisika untuk SMK kelas X karangan Endarko dkk. penerbit Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung melalui studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan analisis data adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa hasil analisis tingkat keterbacaan buku ajar fisika untuk SMK kelas X pada materi suhu dan kalor karangan Endarko dkk dari beberapa indikator sudah memenuhi syarat.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta : Rineka Cipta.
Dewi, P.P.T.K. (2013). Tingkat Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Blahbatuh Melalui Uji Tes Rumpang. Undiksha: tidak diterbitkan.
Fatriani. (2014). Analisis Miskinsepsi Buku Ajar Fisika SMA kelas X Pada Materi Vektor. IKIP PGRI Pontianak: tidak diterbitkan.
Fitrianingrum, N, Sunarno, W., & Harjunowibowo, D. (2013). Analisis Mikrokonsepsi Gerak Melingkar pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Fisika SMA kelas X semester 1, Jurnal Pendidikan Fisika, 1 (1): 73-80
Hidayat A.T., Surantoro. & Wiyono, E. (2012). Analisis Buku Ajar Fisika SMA Kelas XI Semester 1 pada Tinjauan kesalahan Konsep, Jurnal Pendidikan Fisika, 1 (5): 456-460.
Mukti, A.D.Y., Raharjo, T., & Wiyono, E. (2010). Idntifikasi Miskonsepsi Dalam Buku Ajar fisika SMA Kelas X Semester Gasal, Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 1 (1): 39-45.
Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta. Prenadamedia Group.
Sitepu, B.P. (2012). Penuisan Buku Teks Pelajaran. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Tarigan, HG dan Tarigan, D. (2009). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung. Angkasa.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright Transfer Agreement
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and Physics Education Programs of UNU Cirebon as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon and the Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.