Pembelajaran IPA dengan Learning Cycle Berbantuan Multimedia Interaktif Ditinjau dari Pengetahuan Awal dan Gaya Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.52188/jpfs.v1i1.58Keywords:
model learning cycle, multimedia interaktif berbasis learning cycle, pengetahuan awal, gaya belajar, prestasi belajar kognitifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPA dengan model learning cycle berbantuan multimedia interaktif berbasis learning cycle antara siswa yang mempunyai pengetahuan awal tinggi dan rendah, antara siswa yang mempunyai gaya belajar visual dan kinestetik, serta interaksinya terhadap prestasi belajar kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Populasi penelitian yaitu semua siswa kelas VIII SMP 7 Cirebon tahun pelajaran 2015/2016. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling sejumlah 2 kelas. Data dikumpulkan dengan metode tes tertulis untuk prestasi belajar kognitif dan pemahaman awal siswa serta metode angket untuk gaya belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis anava 2x2x2. Hasil pada penelitian ini adalah (1) ada pengaruh pembelajaran IPA dengan model learning cycle berbantuan multimedia interaktif berbasis learning cycle terhadap prestasi belajar kognitif siswa; (2) ada pengaruh pengetahuan awal terhadap prestasi belajar kognitif siswa; (3) tidak ada pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar kognitif siswa; (4) ada interaksi antara model learning cycle berbantuan multimedia interaktif berbasis learning cycle dengan pengetahuan awal siswa terhadap prestasi belajar kognitif siswa pada pembelajaran IPA; (5) ada interaksi antara model learning cycle berbantuan multimedia interaktif berbasis learning cycle dengan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar kognitif siswa pada pembelajaran IPA; (6) tidak ada interaksi antara pengetahuan awal siswa dengan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar kognitif siswa pada pembelajaran IPA; (7) ada interaksi antara model learning cycle berbantuan multimedia interaktif berbasis learning cycle dengan pengetahuan awal dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar kognitif siswa pada pembelajaran IPA.
Published
Versions
- 2021-06-07 (2)
- 2018-09-12 (1)
How to Cite
Issue
Section
Copyright Transfer Agreement
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and Physics Education Programs of UNU Cirebon as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon and the Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.