Implementasi Media Pembelajaran Poster untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV di MIS Al-Irsyadiyah
DOI:
https://doi.org/10.52188/jpfs.v6i2.333Kata Kunci:
Media Pembelajaran Poster, Hasil Belajar, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)Abstrak
Keberhasilan tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor, diantaranya adalah penggunaan media pembelajaran yang mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi media pembelajaran poster terhadap hasil belajar siswa kelas IV MIS Al-Irsyadiyah pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain one group pre-test-post-test. Sebanyak 22 siswa kelas IV MIS Al Irsyadiyah berpartisipasi pada penelitian ini sebagai sampel penelitian. Adapun, teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen test yang diberikan pada awal kegiatan pembelajaran (pre-test) dan di akhir pembelajaran (post-test). Teknik analisis data menggunakan analisis statistika parametrik uji-t. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dan pengolahan hasil penelitian berupa pre-test dan post-test pada kelas IV MIS Al-Irsyadiyah, diperoleh bahwa hasil thitung 19.193 > ttabel 1.68195. Hal ini berarti, H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa implementasi poster sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas IV MIS Al-Irsyadiyah.
Referensi
Al Mabruk, S. A., Abdulghani, A., Nour, O. M., Adel, M., Crocetta, F., Doumpas, N., ... & Tiralongo, F. (2021). The role of social media in compensating for the lack of field studies: Five new fish species for Mediterranean Egypt. Journal of Fish Biology, 99(2), 673-678.
Andari, I. Y. (2019). Pentingnya Media Pembelajaran Berbasis Video untuk Siswa Jurusan IPS Tingkat SMA Se-Banten. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 263–275.
Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Bumi Aksara.
Aspahani, E. L., Nugraha, A., & Giyartini, R. (2020). Rancangan Media E-Poster Berbasis Website Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 158–167. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/25458
Audie, N. (2019). Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 586-595).
Ayuni, V. S., Munandar, H., & Junita, S. (2020). Pengembangan media poster pelestarian makhluk hidup untuk meningkatkan pengetahuan siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada pembelajaran ipa tema 6 subtema 3. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1).
Azizah, S. N. (2021). Media Pembelajaran Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Al-Hadits. Jurnal Literasiologi, 6(1).
Haryani, E., Ahmad, S., & Aradea, R. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Daya Serap Siswa pada Pelajaran Akuntansi. Journal of Education Research, 2(2), 82–88. https://doi.org/10.37985/JER.V2I2.51
Hasanah, A., Rusli, R., & Rachmah, D. N. (2020). HUBUNGAN ANTARA KETERIKATAN PESERTA DIDIK DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK DI SMAN 2 KANDANGAN. Jurnal Kognisia, 2(1), 143–148. http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/kog/article/view/1561
Jauhari, M. I. (2018). Peran Media Pembelajaran dalam Pendidikan Islam. Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 54–67. https://doi.org/10.32478/ngulang.v1i1.155
Kaplan, R. M., & Saccuzzo, D. P. (2017). Psychological Testing: Principles, Applications, and Issues. Cengage Learning. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=Nl7EDQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Kaplan,+R.+M.,+%26+Saccuzzo,+D.+P.+(2017).+Psychological+testing:+Principles,+applications,+and+issues.+Cengage+Learning.&ots=Nc5GhH7nef&sig=tYNcsb25Y1ngGHZHOUG030HEid4&redir_esc=y#v=onepage&q=Kaplan%2C R. M.%2C %26 Saccuzzo%2C D. P. (2017). Psychological testing%3A Principles%2C applications%2C and issues. Cengage Learning.&f=false
Mustika, D., Ambiyar, A., & Aziz, I. (2021). Proses Penilaian Hasil Belajar Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6158–6167. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I6.1819
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://doi.org/10.17509/IJPE.V3I2.22103
Nugrawiyati, J. (2018). Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Bahasa Arab. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 6(1), 97–111.
Nurfadhillah, S., Saputra, T., Farlidya, T., Pamungkas, S. W., & Jamirullah, R. F. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis media poster pada materi “Perubahan Wujud Zat Benda” Kelas V Di Sdn Sarakan Ii Tangerang. NUSANTARA, 3(1), 117-134.
Nurfadhillah, S., Bunga Aulia, P., Octaviana, P., Billah, S., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). Penggunaan Media Postern Utuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn pada Siswa SDN Cipete 4 Tangerang. PENSA, 3(2), 256–266. https://doi.org/10.36088/PENSA.V3I2.1350
Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Qur’an, 03, 171.
Putri, M., Giatman, M., & Ernawati, E. (2021). Manajemen kesiswaan terhadap hasil belajar.
Rahmatina Rahim, F., Stevani Suherman, D., Pengajar Jurusan Fisika, S., Universitas Negeri Padang, F., & Pengajar Jurusan PGSD, S. (2019). Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 3(2), 133–141. https://doi.org/10.24036/JEP/VOL3-ISS2/367
Rukajat, A. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran. Deepublish.
Saetban, A. A. (2021). Faktor Penghambat Siswa Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar di Masa Pendemi COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 13(1), 58–66. https://doi.org/10.37640/JIP.V13I1.951
Safitri, A. O., Handayani, P. A., Sakinah, R. N., & Prihantini, P. (2021). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 116-128.
Sartika, S. H., Dahlan, D., & Waspada, I. (2018). KOMPETENSI GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI KEBIASAAN BELAJAR SISWA. Jurnal MANAJERIAL, 17(1), 39–51. https://doi.org/10.17509/MANAJERIAL.V17I1.9760
Sugiyono, S., & Lestari, P. (2021). Metode penelitian komunikasi (Kuantitatif, kualitatif, dan cara mudah menulis artikel pada jurnal internasional).
Sulikah, W., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Identifikasi Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V SDN Socah 4. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1093
Supratiknya, A. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif & kualitatif dalam psikologi. Universitas Sanata Dharma.
Suttrisno, S., Yulia, N. M., & Fithriyah, D. N. (2022). Mengembangkan Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran Di Era Merdeka Belajar. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 3(1), 52–60. https://doi.org/10.37812/ZAHRA.V3I1.409
Uno, H. B., & Mohamad, N. (2022). Belajar dengan pendekatan PAILKEM: pembelajaran aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif, menarik. Bumi Aksara.
Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2022). Metodologi Pembelajaran IPA. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=pTFsEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Wisudawati,+Asih+Widi.+2014.+Metodologi+Pembelajaran+IPA.+Jakarta+:+PT+Bumi+Pustaka&ots=F_2ZVJearU&sig=By8ISvuj9vB2cMIaKrSFvCkvyI4&redir_esc=y#v=onepage&q=Wisudawati%2C Asih Widi.
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(1), 61–78.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2023 Amaira Utami, Nurpatia
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Transfer Agreement
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and Physics Education Programs of UNU Cirebon as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon and the Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.