PENGARUH MEDIA LAGU TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN IPA DI SDN KARANGBALE 01
DOI:
https://doi.org/10.52188/ja.v5i1.734Kata Kunci:
Kata Kunci: Media lagu, minat belajarAbstrak
Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis minat peserta didik kelas V SDN Karangbale 01 terhadap pelajaran IPA sebelum diterapkannya media lagu, untuk mengetahui hasil analisis minat peserta didik kelas V SDN Karangbale 01 terhadap pelajaran IPA sesudah diterapkannya media lagu, untuk mengetahui pengaruh media lagu terhadap minat belajar peserta didik pada pelajaran IPA. Metode penelitian menggunakan metode eksperimental dengan jenis kuasi eksperimen dan pendekatan kuantitatif. Desain pada penelitian ini yaitu One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik SDN Karangbale 01, sedangkan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, sehingga sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V, yang berjumlah 15 peserta didik. Hasil penelitian ini yaitu hasil analisis minat peserta didik sebelum diterapkannya media lagu dikategorikan sedang sebesar 80% dengan jumlah frekuensi 12, dan kategori tinggi sebesar 20% dengan jumlah frekuensi 3, sedangkan hasil analisis minat peserta didik sebelum diterapkannya media lagu dikategorikan tinggi dengan kategori sedang sebesar 47% dengan jumlah frekuensi 7, dan kategori tinggi sebesar 53% dengan jumlah frekuensi, dan ada pengaruh media lagu terhadap minat belajar siswa, hal ini diperoleh dari hasil Uji T menggunakan Paired samples t Test dengan membandingkan nilai Sig. (2-talled) < 0,05 (0,000 < 0,05) dan membandingkan nilai > (4,608 > 2,14). Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesis menyatakan “media lagu berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik”.