EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM LAYANAN GURU BIMBINGAN KONSELING DI MA NU 01 LOSARI
DOI:
https://doi.org/10.52188/ja.v4i02.548Abstrak
Layanan bimbingan konseling sangat membantu peserta didik menghadapi tantangan dan mengoptimalkan potensi diri baik secara akademik, sosial emosional, karir, maupun kehidupan pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program layanan, kesiapan, pelaksanaan dan hasil layanan bimbingan dan konseling oleh guru BK bagi peserta didik di MA NU 01 Losari. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi menggunakan model CIPP (Contex, Input, Process, Product). Pada tahap context akan dikaji program kerja yang telah disusun oleh guru BK. Tahap input dilihat dari kesiapan guru BK dalam memberikan layanan. Tahap Process dilihat dari proses pelaksanaan layanan, dan Tahap Product dilihat dari hasil layanan yang diberikan Guru BK. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumentasi, dan wawancara. Reponden penelitian ini adalah Guru BK, Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Wali Kelas, dan 5 Peserta didik kelas XI di MA NU 01 Losari. Teknik analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas dilakukan melalui tringulasi teknik, dan tringulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa program Guru BK MA NU 01 Losari sesuai dengan kebutuhan peserta didik karena sebelum penyusunan guru BK melakukan need asesment terlebih dahulu. Kesiapan Guru BK MA NU 01 Losari terlihat dari adanya penyusunan RPL yang sesuai dengan POP BK SMA/MA tahun 2016. Poses pelaksanaan layanan telah melalui tahapan sesuai RPL yang disusun, terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya sehingga sebagian program tidak terlaksana, dan hasil dari pelaksanaan layanan menunjukan adanya perubahan pada perilaku peserta didik setelah dilakukan beberapa kali layanan.