PENGARUH STRATEGI E-COMMERCE DALAM PENGEMBANGAN UMKM TERHADAP PENINGKATAN PROFITABILITAS DI DESA KALIWULU
DOI:
https://doi.org/10.52188/ja.v4i02.490Kata Kunci:
Kata kunci: E-Commerce, UMKM, ProfitabilitasAbstrak
Abstrak:
E-Commerce menawarkan dalam penggunaannya untuk meningkatkan strategi pemasaran produksi. Salah satu lembaga pemerintah yang sudah menjalankan strategi E-Commerce yaitu Desa Kaliwulu yang terletak di Kecamatan Plered. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi E-Commerce, untuk mengetahui pengembangan UMKM dan untuk mengetahui peningkatan profitabilitas Desa Kaliwulu. Metode penelitian pada penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan penyebaran kuesioner disertai dengan teknik observasi. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi E-Commerce dalam Pengembangan UMKM berpengaruh signifikan terhadap Peningkatan Profitabilitas sebesar 60,2%, sisanya sebesar 39,8% dipengaruhi oleh faktor lain.