Implementasi Model Pembelajaran Probing Promting untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas VII SMP IT Darus Solihin Depok
DOI:
https://doi.org/10.52188/ja.v3i01.220Abstrak
Penelitian ini membahas Penerapan Model Pembelajaran Probing Promting Mata Pelajaran Fiqih untuk meningkatkan keaktifan belajar Siswa Kelas VII SMP IT Darus Solihin Depok; Hasil observasi dan wawancara di SMP IT Darus Sholihin menujukkan Kriteria Ketuntasaan Minimal (KKM) 75 peserta didik pada mata pelajaran Fiqih. Rendahnya keaktifan belajar siwa pada mata pelajaran Fiqih disebakkan kurang kreatifnya metode pembelajaran dan tidak fokus. Metode pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi sehingga pembelajaran menjadi monoton. Tujuan penelitian ini, adalah untuk mengetahui implementasi model pembelajaran probing promting dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa penilitian tindakan kelas. Jenis metode penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data diperoleh kelas VII sebanyak 14 siswa. Pengumpulan data dilakulan dengan menggunakan hasil keaktifan belajar siswa, pengisian lembar observasi. Analisis data menggunakan perhitungan kuantitatif yang kemudian dijabarkan dalam bentuk presentasi. Berdasarkan hasil belajar siswa setelah menggunakan Probing Promting, keaktifan belajar meningkat setiap siklusnya. Pada siklus I mencapai prosentase 60% dan siklus II telah mencapai presentase sebesar 87 % Sehingga, dapat disimpulkan antara siklus I dengan siklus II mengalami peningkatan sebesar 27 %.