Pendekatan Model Evaluasi Kurikulum CIPP di Raudlatul Athfal (RA) Sabilul Chalim Leuwimunding Kabupaten Majalengka

Authors

  • Mumu Muzayyin Maq Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/ja.v4i01.410

Abstract

Evaluasi sebagai suatu proses dalam upaya untuk mengumpulkan informasi yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk membuat keputusan berikutnya. Evaluasi merupakan kegiatan yang luas, kompleks dan terus menerus dilakukan untuk menemukan format yang terbaik untuk proses implementasi kurikulum berikutnya. Evaluasi kurikulum memegang peran penting dalam proses pendidikan, baik dalam penentuan kebijaksanaan pendidikan pada umumnya, maupun dalam pengambilan keputusan dalam kurikulum. Dengan demikian bahwa evaluasi dipandang sebagai sebuah fase dalam upaya pengembangan kurikulum, karena hasil evaluasi kurikulum dapat digunakan untuk bahan pengembangan kurikulum. Pendekatan evaluasi kurikulum dengan model CIPP (Context, Input, Process dan Product) sebagai salah satu pendekatan yang dalam memberikan kontribusi dalam perbaikan kurikulum untuk mencapai tujuan pendidikan secara maksimal. Konteks dalam evaluasi ini dapat mencakup komponen dalam kurikulum seperti tujuan, isi/materi, metode yang terdapat dalam kurikulum. Pendekatan model evaluasi kurikulum model CIPP (Context, Input, Process dan Product) fokus pada keberhasilan program pendidikan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti karakteristik peserta didik dan lingkungan untuk menghasilkan sebuah keputusan terhadap kekuatan dan kelemahan program dalam pendidikan.

Published

2023-03-25

How to Cite

Mumu Muzayyin Maq. (2023). Pendekatan Model Evaluasi Kurikulum CIPP di Raudlatul Athfal (RA) Sabilul Chalim Leuwimunding Kabupaten Majalengka . Jendela ASWAJA, 4(01), 65-72. https://doi.org/10.52188/ja.v4i01.410

Issue

Section

Articles