PROFIL LITERASI SAINS SISWA SMA KELAS X PADA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.52188/ja.v3i01.274Keywords:
Covid-19, SMA, Literasi SainsAbstract
Pandemi Covid-19 menyebabkan banyak perubahan yang terjadi termasuk di sektor pendidikan. Pemerintah mengeluarkan status darurat dengan kebijakan siswa belajar dari rumah yang mengharuskan kegiatan belajar dilaksanakan secara daring. Selain itu, dalam rangka mengantisipasi makin melebarnya dampak yang terjadi dalam pembelajaran masa pandemi terhadap ketertinggalan pembelajaran (learning loss) dan kesenjangan pembelajaran (learning gap), Pemerintah mengeluarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 719/P/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pada Satuan Pendidikan Dalam Kondisi Khusus. Tujuan penelitian ini adalah memberikan gambaran literasi sains siswa SMA Kelas X di Kota Cirebon selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kuantitatif. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik sampel jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan mengadopsi instrument literasi sains OECD PISA assessment tahun 2018. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data didapatkan bahwa sebanyak 17% siswa berada dalam kategori cukup dan 83% siswa berada dalam kategori sangat rendah.