STUDI DESKRIPTIF PENERAPAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA PEMBELAJARAN IPA DI SDN 2 MUNJUL KABUPATEN CIREBON

Authors

  • Nazwa Melinda Septian Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Sri Hastuti

DOI:

https://doi.org/10.52188/ja.v2i02.209

Abstract

Guru sebagai pusat pembelajaran saat ini mulai diubah menjadi peserta didik menjadi pusat pengetahuan dan pembelajaran (student centered learning). Untuk itu, metode pembelajaran cooperative learning model student teams achievement division (STAD) dapat terapakan untuk meningkatkan partisipasi secara aktif dalam pembelajaran. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa guru menjadi fasilitator dalam pembelajaran dan siswa belajar melalui pengalaman secara langsung, mengarahkan siswa untuk mencari dan menemukan sendiri bagaimana penggolongan hewan tersebut dengan objek yang nyata

Published

2021-09-27

How to Cite

Nazwa Melinda Septian, & Sri Hastuti. (2021). STUDI DESKRIPTIF PENERAPAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA PEMBELAJARAN IPA DI SDN 2 MUNJUL KABUPATEN CIREBON. Jendela ASWAJA, 2(02), 41-48. https://doi.org/10.52188/ja.v2i02.209

Issue

Section

Articles