Pengembangan Modul Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Fluida Dinamis
DOI:
https://doi.org/10.52188/jpfs.v2i2.74Kata Kunci:
penelitian dan pengembangan, inkuiri terbimbing, fluida dinamisAbstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui apakah produk yang dihasilkan berupa modul fisika berbasis inkuiri terbimbing materi fluida dinamis tersebut layak digunakan untuk siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengacu pada model four-D (4D). Ujicoba lapangan terbatas diujikan pada 10 siswa dan ujicoba lapangan secara luas diujikan pada 24 siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 8 Cirebon tahun akademik 2017/2018. Data diambil dengan teknik tes dan angket. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa produk yang dihasilkan berupa modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing layak digunakan untuk siswa. Berdasarkan hasil validasi skor rata-rata yang diperoleh sebesar 85,2% berdasarkan analisis perhitungan penentuan interval untuk mengetahui kelayakan modul. Perhitungan tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata penilaian lebih besar dari nilai minimum kelayakan (75%<skor<100%) dengan interpretasi skor memiliki keriteria sangat baik dengan keterangan kelayakan tanpa revisi.
Referensi
Andaru, G.N., Sentosa, M.R.A., & Septian, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Vektor Kelas X MIPA MAN 1 Cirebon. Jurnal Pendidikan dan Sains (JPFS), 2 (1), 51-55.
Depdiknas. (2008). Penulisan Modul. Direktorat Tenaga Kependidikan: Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Hamalik, O. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Madroji, Zulaiha, F., dan Faizah. (2019). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Fluida Dinamis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 1 Astanajapura. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 2(1), 17-23.
Mudlofir, A. H., dan Rusydiyah, F.E. (2017). Desain Pembelajaran Inovatif. Depok: PT. Rajagrafindo persada.
Muliani, A., Suastra, W., dan Suswandi, I. (2019). Implementasi model pembelajaran inkuirg terbimbing untuk meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar fisika kelas XI SMA Tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 9 (1), 55-62.
Pratiwi, D.M., Saputro, S., dan Nugroho, A.C.S. (2015). Pengembangan LKS Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga Kelas XI IPA SMA. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4 (2), 32-37.
Riduwan. (2010). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sa’diah, Septian, D., dan Kurniawan, G.E. (2019). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan High Order Thinking Skill Pada Materi Fluida Statis Kelas XI MAN 2 Kuningan. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 2(1), 30-36.
Septian, D. (2011). Pengaruh Model LC 7E dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa MAN Rembang Tahun Ajaran 2010/2011 (Penelitian Quasi Eksperimen). Skripsi Pendidikan Fisika. Yogyakarta: Fakultas Sains & Teknologi UIN Sunan Kalijaga.
Septian, D., Cari, & Sarwanto. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Learning Cycle pada Materi Alat Optik Menggunakan Flash dalam Pembelajaran IPA SMP Kelas VIII. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA. 6 (1), 45-60
Sumiati, E., Septian, D., & Faizah. (2018). Pengembangan modul fisika berbasis Scientific Approach untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 4 (2), 75-88
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
Thiagarajan, S., Semmel, D.S., and Semmel, M.L. (1974). Instructional, Development for Training Teacher of Exceptional Children. Minnesota: Indiana University.
Wahyudin, Sutikno, dan Isa, A. (2010). Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (JPFI), 6(2), 58-62.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Copyright Transfer Agreement
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and Physics Education Programs of UNU Cirebon as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon and the Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.