Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Berbantuan Worksheet dan Problemsheets Menggunakan Multi Modus Representasi
DOI:
https://doi.org/10.52188/jpfs.v2i2.71Kata Kunci:
Inkuiri Terbimbing,, Worksheets, Problemsheets, Multi Modus RepresentasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan dan mendeskrispikan penerapan metode inkuiri terbimbing berbantuan worksheet dan pronlemsheets menggunakan multi modus representasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan yaitu satu kelas siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Kabupaten Cirebon yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan angket persepsi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing bernilai 18,3 dengan kategori baik. Artinya hampir 92% kegiatan pembelajaran yang direncanakan di RPP terlaksana. Adapun persepsi siswa setelah mengikuti pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan worksheet dan pronlemsheets menggunakan multi modus representasi menunjukkan nilai 75% dengan kategori positif.
Referensi
Abidin, Z., & Purbawanto, S. (2015). Pemahaman Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Livewire Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Jurusan Audio Video di SMK Negeri 4 Semarang. Edu Elektrika Journal, 4(1), 38–49.
Candra, D., Rosdianto, H., & Murdani, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII pada Materi Pesawat Sederhana. Variabel, 2(1), 31–34.
Cox, A. J., & Junkin III, W. F. (2002). Enhanced student learning in the introductory physics laboratory. Physics Education, 37(1), 37–44.
Dhany, A., & Salmah, U. (2013). The Development of Students Worksheet Using PMRI Approach On Materials Of Rectangle And Square For The VII Grade Students Of Junior High School. In Proceeding The First South East Asia Design/Development Research (SEA-DR) International Conference.
Heuvelen, A. Van. (1991). Learning to think like a physicist: A review of research-based instructional strategies. American Journal of physics, 59(10), 891–897.
Mundilarto. (2012). Penilaian Hasil Belajar Fisika. Jogjakarta: UNY Press.
Matlin. (1994). Cognition. New York: Mc. Graw Hill.
Septian, D. (2019). Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 2(1), 6–16. Diambil dari http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/14/8
Sinaga, P., Suhandi, A., & Liliasari. (2015). The Effectiveness of Scaffolding Design in Training Writing Skills Physics Teaching Materials. International Journal of instruction, 8(1), 19–32.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sugiyono. (2009) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Triyuni, N. N. E., Kusmariyatni, N. N., & Margunayasa, I. G. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Aktivitas Higher Order Thinking (HOT) Pada Tema 8 Subtema 1 Kelas V SD. Journal of Education Technology, 3(1), 22–27.
Wahyudin, Sutikno, & Isa, A. (2010). Keefektifan pembelajaran berbantuan multimedia menggunakan metode inkuiri terbimbing untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1), 58–62.
Yusuf, F. M., Nusantari, E., Abdul, A., & Abdan, H. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Literasi Sains Siswa pada Konsep Pembelahan Sel. In Proceedings of the ICECRS (Vol. 2, hal. 253–260).
Zahro, U. S., Ellianawati, E., & Wahyuni, S. (2019). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Melatih Kreativitas dan Keterampilan Berpikir Ilmiah Siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(1), 1–7.
Zulaiha, F., Sinaga, P., & Rusli, A. (2016). Developing Worksheet and Problemsheets Based On Critical Thinking Skills with Multimodal Representation. Proceeding International Seminar on Mathematics, Science, and Computer Education. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Zulaiha, F. (2017). Dampak Penggunaan Worksheet dan Problemsheets Menggunakan Multi Modus Representasi Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA/MA. Jurnal Ilmiah Jendela ASWAJA. 6 (15). 22-33.
Zulaiha, F. (2018). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Penggunaan Worksheet dan Problemsheet menggunakan Multi Modus Representasi. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 1(1), 28–32.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Copyright Transfer Agreement
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and Physics Education Programs of UNU Cirebon as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon and the Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.