Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Ipa Peserta Didik Kelas Viii Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Materi Struktur Bumi Dan Perkembangannya
DOI:
https://doi.org/10.52188/jpfs.v7i1.701Kata Kunci:
hasil belajar, Think Pair ShareAbstrak
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan supaya meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Weru Tahun Ajaran 2023/2024 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Subject dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII A SMPN 1 Weru sebanyak 29 orang. Desain penelitian yang dipergunakan yakni Penelitian Tindak Kelas (PTK) melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data hasil penelitian didapatkan dari lembar evaluasi berbentuk tes pilihan ganda. Selanjutnya melaksanakan analisis melalui penggunaan rumus persentase. Hasil tindakan menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata peserta didik yang semula sebesar 64,28 pada siklus I menjadi 77,85 pada siklus II. Hasil perlakuan juga menunjukkan bahwa adanya peningkatan jumlah peserta didik yang mencapai nilai ketuntasan belajar lebih dari 78 yaitu dari 12 peserta didik (siklus I) menjadi 22 peserta didik (siklus II). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) mampu meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII A SMPN 1 Weru TA 2023/2024.
Referensi
Arikunto, Suharsimi, dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Andayani, S., Lumowa, S. V., & Boleng, D. T. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dan Talking Stick Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Ipa Biologi Peserta didik Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(11), 2200-2204.
Aqib, Zainal. (2006). Penelitian Tindakan Kelas Bagi Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Yrama Widya.
Avinursoleh, A., Samidi, R., & Supratik, S. (2023). PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN PPKN. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (PPG) (Vol. 1, pp. 301-310).
Fahrozi, Marwan. (2018). Penerapan Metode Think Pair Share (TPS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas VI Di MI Al-Khairiyah Kaliawi Bandar Lampung. Undergraduate Thesis, Uin Raden Intan Lampung.
Hasanah, Z., Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif dalam Menumbuhkan Keaktofan Belajar Peserta didik. IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahapeserta didikan, 1(1).
Indarti, Titik. (2008). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelusuran Ilmiah. Surabaya: FBS UNESA.
Indriani, D. S. (2014). KEEFEKTIFAN MODEL THINK PAIR SHARE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS. Journal of Elementary Education, 3(4), 21–27.
Jasdilla, Kuswendi, & Ramdhani. (2017). HASIL BELAJAR DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 96–105.
Lestari, R., & Linuwih, S. (2012). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN SOCIAL SKILL PESERTA DIDIK. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8, 190–194.
Miftahul Huda. (2011). Cooperative learning, metode, teknik, struktur dan model terapan / Miftahul Huda. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
Mu’alimin, Cahyadi, R. A. H. (2014). Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Praktik. Gandimg Pustaka: Pasuruan.
Mulyasa. (2010). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Suatu Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(2), 151–172.
Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,
Ni'mah, A., & Dwijananti, P. (2014). Penerapan model pembelajaran think pair share (TPS) dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik kelas VIII MTs. Nahdlatul Muslimin Kudus. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 3(2).
Nurbaiti, Y., & Mosik, M. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Social Skill Peserta didik SMA. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(2), 178-185.
Nurnawati, E., Yulianti, D., & Susanto, H. (2012). Peningkatan kerjasama peserta didik SMP melalui penerapan pembelajaran kooperatif pendekatan think pair share. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 1(1).
Rianingsih, D., Mawardi, & Wardani, K. W. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TPS ( THINK PAIR SHARE) DALAM RANGKA MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS 3. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitan Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 339–346.
Sadipun, B. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Peserta didik Kelas V SDI ENDE 14. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 11-16.
Suparno. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih di MTs Nurul Hikmah Jakarta. Undergraduated Thesis. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Surayya, L., Subagia, I. W., & Tika, I. N. (2014). Pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).
Tabrani, & Amin, M. (2023). Model Pembelajaran Cooperative Learning. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 200–213.
Trianto. (2011). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka.
Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).
Udju, A. D., Bano, V. O., & Enda, R. R. H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (Tps) Menggunakan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Di SMP Negeri 4 Mauliru. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(1), 155-168.
Wati, H. E. (2016). Perbedaan penerapan model pembelajaran kooperatif antara tipe think pair share (tps) dan tipe two stay two stray (tsts) berdasarkan gaya kognitif peserta didik. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 165-177.
Widati, R. S. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe “think-pair-share” untuk meningkatkan prestasi belajar matematika peserta didik kelas 1 sdn 1 josari kec. jetis kab. ponorogo tahun pelajaran 2012/2013. ARISTO, 4(2), 129-143.
Widayati, A. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, VI(1), 87–93.
Yustitia, V., Rusminati, S. H., & Sulistyawati, I. (2018). Implementasi lesson study menggunakan model think pair share dan pendekatan saintifik. Premiere Educantum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 88–97. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2621
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2024 Sifa Tiara Novanti, Noor Novianawati
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Transfer Agreement
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and Physics Education Programs of UNU Cirebon as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon and the Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.