Efektivitas Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Nilai Kognitif Siswa Pada Pokok Bahasan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) Siswa Kelas X MA Pringgabaya
DOI:
https://doi.org/10.52188/jpfs.v2i1.66Kata Kunci:
efektivitas metode pembelajaran mind mapping, nilai kognitif siswa, pokok bahasan gerak lurus berubah beraturan (GLBB), siswa kelas X MA PringgabayaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) respon siswa terhadap penggunaan metode mind mapping; 2) nilai kognitif siswa kelas X MA Pringgabaya pada pokok bahasan gerak lurus berubah beraturan; dan 3) efektivitas belajar jika menggunakan metode mind mapping untuk pembelajaran pada pokok bahasan gerak lurus berubah beraturan. Penelitian ini menggunakan metode pre experimental design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MA Pringgabaya yang berjumlah 46 siswa. Teknik sampling menggunakan teknik sampling jenuh (sensus) yaitu meneliti semua populasi. Instrumen penelitian berupa lembar tes (pretes dan postes) dan lembar angket. Teknik analisa data menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji hipotesis paired-sample t-test. Kesimpulan penelitian ini yaitu: 1) respon siswa terhadap penggunaan metode mind mapping sebagai metode belajar yaitu: 60,9% siswa menyetujui bahwa penggunaan metode mind mapping efektif dalam pembelajaran GLBB, 85,4% siswa menyatakan bahwa mencatat dengan metode mind mapping dapat menemukan informasi lebih cepat, seluruh siswa kelas X MA Pringgabaya menyatakan kesulitan dalam menyimbolkan suatu bahasan untuk digambarkan dalam mind mapping, 60,9% siswa akan menggunakan mind mapping untuk metode belajar selanjutnya, 39% siswa menyatakan bahwa penggunaan metode mind mapping sebagai metode belajar membuat mereka lebih cepat lelah; 2) Nilai kognitif rata-rata kelas pada saat pretes adalah 30,98 sedangkan nilai rata-rata kelas saat postes adalah 72,80; 3) terdapat efektivitas metode pembelajaran mind mapping terhadap nilai kognitif siswa pada bahasan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) siswa kelas X MA Pringgabaya.
Referensi
Buzan, T. (2008). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Deporter, B., Reardon, M., & Nourie, S.S. (2005). Quantum Teaching. Bandung: Kaifa. Imaduddin, M.C., & Utomo, U.H.N. (2012). Efektifitas Metode Mind Mapping Untuk meningkatkan Prestasi Belajar Fisika pada Siswa Kelas VIII. Humanitas, 9 (1), 62-75. Septian, D. (2018). Pembelajaran IPA dengan Learning Cycle Berbantuan Multimedia Interaktif Ditinjau dari Pengetahuan Awal dan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 1 (1), 1-13. Setiawan, A., Sutarto, & Indrawati. (2012). Metode Praktikum dalam Pembelajaran Pengantar Fisika SMA: Studi Pada Konsep Besaran dan Satuan Tahun Ajaran 2012-2013. Jurnal Pembelajaran Fisika (JPF), 1 (3), 285- Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Copyright Transfer Agreement
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and Physics Education Programs of UNU Cirebon as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon and the Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.