Efektivitas Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Nilai Kognitif Siswa Pada Pokok Bahasan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) Siswa Kelas X MA Pringgabaya

Penulis

  • Rustaman Prodi Pendidikan Fisika Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Sutisna Prodi Pendidikan Fisika Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Mohamad Rendi Astono Sentosa Prodi Pendidikan Fisika Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/jpfs.v2i1.66

Kata Kunci:

efektivitas metode pembelajaran mind mapping, nilai kognitif siswa, pokok bahasan gerak lurus berubah beraturan (GLBB), siswa kelas X MA Pringgabaya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) respon siswa terhadap penggunaan metode mind mapping; 2) nilai kognitif siswa kelas X MA Pringgabaya pada pokok bahasan gerak lurus berubah beraturan; dan 3) efektivitas belajar jika menggunakan metode mind mapping untuk pembelajaran pada pokok bahasan gerak lurus berubah beraturan. Penelitian ini menggunakan metode pre experimental design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MA Pringgabaya yang berjumlah 46 siswa. Teknik sampling menggunakan teknik sampling jenuh (sensus) yaitu meneliti semua populasi. Instrumen penelitian berupa lembar tes (pretes dan postes) dan lembar angket. Teknik analisa data menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji hipotesis paired-sample t-test. Kesimpulan penelitian ini yaitu: 1) respon siswa terhadap penggunaan metode mind mapping sebagai metode belajar yaitu: 60,9% siswa menyetujui bahwa penggunaan metode mind mapping efektif dalam pembelajaran GLBB, 85,4% siswa menyatakan bahwa mencatat dengan metode mind mapping dapat menemukan informasi lebih cepat, seluruh siswa kelas X MA Pringgabaya menyatakan kesulitan dalam menyimbolkan suatu bahasan untuk digambarkan dalam mind mapping, 60,9% siswa akan menggunakan mind mapping untuk metode belajar selanjutnya, 39% siswa menyatakan bahwa penggunaan metode mind mapping sebagai metode belajar membuat mereka lebih cepat lelah; 2) Nilai kognitif rata-rata kelas pada saat pretes adalah 30,98 sedangkan nilai rata-rata kelas saat postes adalah 72,80; 3) terdapat efektivitas metode pembelajaran mind mapping terhadap nilai kognitif siswa pada bahasan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) siswa kelas X MA Pringgabaya.

Referensi

Buzan, T. (2008). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Deporter, B., Reardon, M., & Nourie, S.S. (2005). Quantum Teaching. Bandung: Kaifa. Imaduddin, M.C., & Utomo, U.H.N. (2012). Efektifitas Metode Mind Mapping Untuk meningkatkan Prestasi Belajar Fisika pada Siswa Kelas VIII. Humanitas, 9 (1), 62-75. Septian, D. (2018). Pembelajaran IPA dengan Learning Cycle Berbantuan Multimedia Interaktif Ditinjau dari Pengetahuan Awal dan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 1 (1), 1-13. Setiawan, A., Sutarto, & Indrawati. (2012). Metode Praktikum dalam Pembelajaran Pengantar Fisika SMA: Studi Pada Konsep Besaran dan Satuan Tahun Ajaran 2012-2013. Jurnal Pembelajaran Fisika (JPF), 1 (3), 285- Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Diterbitkan

2019-05-06

Cara Mengutip

Rustaman, Sutisna, & Sentosa, M. R. A. (2019). Efektivitas Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Nilai Kognitif Siswa Pada Pokok Bahasan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) Siswa Kelas X MA Pringgabaya. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 2(1), 24-29. https://doi.org/10.52188/jpfs.v2i1.66

Terbitan

Bagian

Articles