ANALISIS KEBUTUHAN LEMBAR KERJA MAHASISWA ANALISIS VEKTOR PENUNJANG MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING

Authors

  • Sumargiyani Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.52188/ja.v3i02.308

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kebutuhan mahasiswa terhadap Lembar Kerja Mahasiswa analisis vektor guna meningkatkan aktivitas belajar dalam pembelajaran discovery learning. Penelitian yang digunakan dengan metode R&D dengan jenis penelitian ADDIE ( Analysis, Design, Development, Implementatio, evaluation). Subjek penelitian yang digunakan mahasiswa kelas A dan C program studi pendidikan matematika Universitas Ahmad Dahlan. Dari hasil dokumentasi, wawancara, dan penyebaran angket, dosen telah menggunakan buku referensi wajib, menggunakan power point dan menggunakan model pembelajaran ceramah, tanya jawab dan diskusi. Dalam pembelajaran terdapat beberapa permasalahan yang muncul sebagian mahasiswa tidak memiliki buku wajib, mahasiswa kurang aktif dalam pembelajaran, kegiatan pembelajaran lebih berpusat pada dosen. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) model pembelajaran perlu dirubah yang lebih berpusat pada mahasiswa, (2) keaktifan pembelajaran perlu ditingkatkan, (3) model pembelajaran discovery learning sebagai salah satu solusi dalam kegiatan pembelajaran yang perlu diterapkan, dan (4) diperlukan pengembangan lembar kerja mahasiswa untuk mendukung kegiatan pembelajaran.

Published

2022-09-25

How to Cite

Sumargiyani. (2022). ANALISIS KEBUTUHAN LEMBAR KERJA MAHASISWA ANALISIS VEKTOR PENUNJANG MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING. Jendela ASWAJA, 3(02), 42-49. https://doi.org/10.52188/ja.v3i02.308

Issue

Section

Articles