IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN PENGELOLAAN KURIKULUM PENDIDIKANRAUDLATUL ATHFAL (RA) SABILUL CHALIM KECAMATAN LEUWIMUNDING KABUPATEN MAJALENGKA
DOI:
https://doi.org/10.52188/ja.v3i01.226Abstract
Manajemen kurikulum merupakan inti pengelelolaan manajemen pembelajaran yang menjadi faktor terhadap keberhasilan pendidikan. Selain itu bahwa manajemen kurikulum memiliki peran yang sangat penting berbagaikomponen dan sejumlah kegiatan yang perlu dikelola dalam pengembangan kurikulum pendidikan. Implementasi manajemen dalam kurikulum berkaitan dengan sebuah pengelolaan dalam kurikulum pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui manajemen Kurikulum dalam meningkatkan pengelolaan kurikulum pendidikan Raudlatul Athfal (RA) Sabilul Chalim di Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka. 2) untuk mendeskripsikan implementasi manajemen kurikulum Raudlatul Athfal (RA) Sabilul Chalim di kecamatan Leuwimunding kabupaten Majalengka.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Salah satu prosedur penelitian ini ialah menghasilkan data deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan wawancara.
Analisis data dilakukan dengancara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subyek yang digunakan adalah 10 orang guru dan 1 orang kepala Raudlatul Athfal (RA). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh; pertama, adanya perencanaan kurikulum
disusun melalui penetapan tim pengembang kurikulum yang terdiri dari kepalaRaudlatul Athfal (RA) Wakil kepala Raudlatul Athfal (RA) bidang kurikulum. Kedua, menetapkan langkah-langkah dalam strategi manajemen yaitu1) menganalisis kebutuhan serta mengidentifikasi standar kebutuhan pengembangan kurikulum. 2) merumuskan standar isi, standar proses dan standar kelulusan3) dalam pelaksanaan kurikulum di Raudlatul Athfal (RA) Sabilul Chalim Leuwimundingdilakukan dengan melakukan kegiatan pengawasan terhadap semua komponen kurikulum dengan cara memeriksa dokumen kurikulum,wawancara, dan kegiatan supervisi kelas.