ANALISIS PENENTUAN LOKASI USAHA FRANCHISE MAKANAN CEPAT SAJI SONIC CHICKEN
DOI:
https://doi.org/10.52188/ja.v3i01.212Keywords:
Lokasi Usaha, franchise, makanan cepat sajiAbstract
Lokasi usaha adalah letak atau tempat yang digunakan pengusaha untuk melakukan operasional sebuah usaha pada daerah yang strategis sehingga dapat memaksimalkan laba.Lokasi pemasaran yang nyaman, aman, bersih, ramai, dan mudah di jangkau merupakan beberapa kriteria lokasi yang diminati oleh banyak konsumen.Jadi memilih lokasi usaha franchise merupakan keputusan penting yang harus dilakukan oleh perusahaan franchise untuk membuat pelanggan tertarik datang ke tempat bisnis dalam rangka pencapain laba yang maksimal, karena pemilihan lokasi mempunyai fungsi yang strategis dalam menentukan tercapainya tujuan badan usaha yaitu memperoleh laba yang sebanyak - banyaknya. Pemilihan lokasi suatu perusahaan akan mempengaruhi resiko dan keuntungan perusahaan tersebut secara keseluruhan, mengingat lokasi sangat mempengaruhi biaya tetap maupun biaya variabel, baik dalam jangka menengah maupun jangka panjang.Kotler (2009) berpendapat bahwa place atau tempat menentukan arti penting dari kegiatan bisnis untuk membuat produk dengan mudah diketahui dan diperoleh oleh seseorang pelanggan dan tentunya selalu tersedia untuk pelanggan. Tjiptono (2008), menyatakan tentang lokasi usaha merupakan suatu tempat kegiatan atau beroperasinya usaha yang menghasilkan barang dan atau jasa yang memfokuskan di bidang ekonomi.