Implementasi Karakter Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Program Sekolah Penggerak
DOI:
https://doi.org/10.52188/ijpess.v2i2.527Keywords:
Karakter, Pancasila, Pembelajaran, Sekolah PenggerakAbstract
Kurikulum merupakan bagian penting dari pekerjaan pendidikan. Kurikulum didefinisikan sebagai program yang ditawarkan kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi karakter profil pelajar pancasila pada siswa dalam pembelajaran pjok sekolah penggerak di kabupaten garut. Metode penelitian yang di gunakan yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa dan siswi SMA Negri 8 Garut XI sebanyak 238 orang menggunakan teknik sampling total sampling. Dengan menggunakan instrumen penelitian ini adalah kuisioner (angket). Berdasarkan hasil uji hipotesis diatas, dapat dilihat bahwa jumlah responden (N) ada 238. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa nilai Skewness sebesar -0,146 sedangkan nilai Kurtosis sebesar 1,205. Berdasarkan hasil analisis, jumlah data yang diperoleh dari Pengisian kuisioner telah terbukti bahwa terdapat penerapan Profil Pelajar Pancasila pada Pembelajaran PJOK Sekolah Penggerak di Kab. Garut dengan hasil sebesar 90,46% diterapkannya profil pelajar pancasila dan sebesar 9,54% belum diterapkannya profil pelajar pancasila di sekolah penggerak Kab. Garut. Kabi. Garut menggunakan profil siswa pancasila dengan hasil hampir seluruhnya dan sedikit dari seluruhnya tidak mengadopsi profil siswa pancasila di sekolah mengemudi Kab. Garut.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Muhammad Zaidan Fahrezi, Asep Angga Permadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.